Jumat, 13 Mei 2011

THE IDEA OF THEORY


Gagasan sebuah teori muncul  karena adanya kebutuhan untuk menyusun dan mengembangkan pengetahuan yang sudah ada.sehingga memudahkan  penelitian yang pernah dilakukan secara   terorganisir dikalangan para akademisi tanpa memulai dari awal dalam bidang apapun.
Sifat-sifat teori(secara umum)
Abstrak
Karena fokus tiap teori hanya pada satu pola hubungan,variabel dan mengabaikan yang lainnya.Tidak ada teori yang kebenaran pada banyak bidang,ini kebenaran mutlak yang  mengungkap kekurangan dari teori.
Contruction
Artinya teori sebuah ciptaan manusia bukan turunan dari tuhan.Dengan teori  seorang peneliti akan mudah mengkelompokkan pengamatannya,di mana fokusnya,seberapa luas fokus atau sempit,D.S.B.Jadi teori menunjukkan cara para pengamat melihat lingkungan sekitar mereka melebihi dari kenyataan yang mereka tangkap.
Closely  tied to action
Karena teori adalah sebuah tafsiran.Akan lebih baik bila teori dipertanyakan kegunaanya dari pada kabenarannya.Karena kebenaran hanya berorentasi pada ahli teorinya.Pada dasarnya teori menawarkan kebenaran sebuah fenomena,akan tetapi bukan satu-satunya acuan pembuktian fenomena tersebut.Dari situlah teori erat dengan tindakan,bagaimana kita berpikir menunjukan bagaimana tindakan kita dan juga sebaliknya.

Dimensi-dimensi  teori(Basic element of theory)
·         Asumsi filosofis
Asumsi-asumsi yang digunakan ahli teori menentukan sebuah teori yang akan digunakan.Dengan mengetahui asumsi dibalik sebuah teori akan memudahkan dalam memehami teori apa yang dipakai.
Asumsi filosofis dibagi menjadi tiga;
Epistemology
studi pengetahuan, bagaimana orang tahu apa yang mereka mengklaim mengetahui.

Ontology
Kebiasaan mahkluk( pertanyaan-pertanyaan tentang kebiasaan).
Axiology
Mempelajari  sebuah nilai.
·         Konsep
Konsep( istilah dan definisinya) memberitahukan apa yang dilihat dan dianggap penting oleh ahli teori.Untuk menentukan konsep harus banyak mengamati variable,menggolongkan,dan menandai menurut pola-pola yang diterima.Hasilnya untuk merumuskan dan mengartikulasikan konsep-konsep yang telah ditandai.Istialah-istilah konseptual yang telah diidentifikasi menjadi bagian penting dari teori dan sering kali dipergunakan khusus untuk teori tersebut,dan untuk teori yang lain belum tentu digunakan.
·         Penjelasan
Pada dimensi ini ahli teori mengidentifikasi keteraturan atau menghubungkan antar variable.Penjelasan yang umum digunakan,kasual dan peraktis.
Kasual,penjelasan sebab akibat.Artinya salah satu variable dihubungkan sebagai sebab dengan variable lain yang dijadikan hasil atau akibat.
Praktis,penjelasan akibat-akibat  terjadi karena tindakan yang dipilih.Jadi dalam penjelasan peraktis menjelaskan tindakan-tindakan adalah suatu tujuan yang dirancang untuk terhubung dengan tindakan dimasa depan.
·         Prinsip
Pedoman yang memungkinkan kita untuk menafsirkan suatu peristiwa, membuat penilaian tentang apa yang terjadi dan kemudian memutuskan bagaimana bertindak dalam situasi

Sumber :  Teori komunikasi
littlejhon. Stephen W. 2009. Theories of Human Communication. Jakarta: Salemba Humanika
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar